Proses dan Lama Pendidikan S-2

Program S-2 direncanakan dalam 4 semester (2 tahun) dengan beban kredit minimal 42 SKS, termasuk tesis. Batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. Kalender akademik semester I mulai awal September sampai akhir Januari, semester II mulai awal Februari sampai akhir Agustus. Dalam menempuh kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lain, seperti seminar, penelitian, dan sebagainya dilaksanakan dengan sistem pembimbingan oleh dosen pembimbing tesis.

Biaya Pendidikan S-2
Biaya pendidikan selama 4 semester berkisar antara Rp 32.000.000,-s.d. 36.000.00,- ditanggung oleh mahasiswa atau sponsor/instansi pengirim, sedangkan untuk mahasiswa asing sebesar US $ 6.000. Bagi Calon mahasiswa yang memenuhi syarat, dimungkinkan untuk mendapatkan beasiswa dari proyek BPPS Depdiknas (khusus dosen tetap PTN/PTS).

Kurikulum

Program Magister (S-2) Program Studi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM dirancang dengan lama studi empat (4) semester atau dua (2) tahun masa studi.

  • Semester I : Mata Kuliah Wajib dan Pilihan (12 SKS – 18 SKS )
  • Semester II : Mata Kuliah Wajib dan Pilihan (12 SKS – 18 SKS)
  • Semester III : Seminar Proposal Tesis (4 SKS)
  • Semester IV : Tesis (8 SKS)

Mata kuliah wajib

Mata kuliah ini terdiri atas mata-mata kuliah teori dan metodologi yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa agar ia dapat menjadi ahli dalam kajian-kajian budaya dan media.

Mata Kuliah Pilihan

Tergolong dalam kategori ini adalah mata kuliah mengenai persoalan-persoalan (issues) terkait dengan objek kajian-kajian budaya dan media, teori, pendekatan yang mendukung kajian-kajian tersebut, dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat masing-masing. Mahasiswa diharuskan mengambil 2 – 3 mata kuliah pilihan (= 6 – 9 SKS).

Berikut susunan mata kuliah yang ditawarkan:

Mata Kuliah Wajib

Teori-teori Media (3 SKS)

Pengantar Cultural Studies (3 SKS)

Teori Sosial Kritis (3 SKS)

Metodologi Ilmu-Ilmu Sosial (3 SKS)

Poskolonialisme dan Posmodernisme (3 SKS)

Semiotika Media (3 SKS)

Analisis WacanaKritis (3 SKS)

Etnografi Media (3 SKS)

Ekonomi Politik Media (3 SKS)

Seminar Proposal (4 SKS)

Tesis (8 SKS)

Mata KuliahPilihan

Kebudayaan Visual (3 SKS)

Media, Gender, dan Seksualitas (3 SKS)

Media dan Politik Representasi (3 SKS)

Industri Budaya (3 SKS)

Globalisasi, Lokalitas, dan Demokrasi (3 SKS)

Kajian Kritis Iklan (3 SKS)

Cyberculture& Digitalisasi Masyarakat (3 SKS)

Gaya Hidup dan Budaya Konsumen (3 SKS)

Staf Pengajar: