Program S2

Proses dan Lama Pendidikan S-2
Program S-2 direncanakan dalam 4 semester (2 tahun) dengan beban kredit minimal 42 SKS, termasuk tesis. Batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. Kalender akademik semester I mulai awal September sampai akhir Januari, semester II mulai awal Februari sampai akhir Agustus. Dalam menempuh kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lain, seperti seminar, penelitian, dan sebagainya dilaksanakan dengan sistem pembimbingan oleh dosen pembimbing tesis.

Biaya Pendidikan S-2
Biaya pendidikan selama 4 semester berkisar antara Rp 24.000.000,-s.d. 35.000.00,- ditanggung oleh mahasiswa atau sponsor/instansi pengirim, sedangkan untuk mahasiswa asing sebesar US $ 6.000. Bagi Calon mahasiswa yang memenuhi syarat, dimungkinkan untuk mendapatkan beasiswa dari proyek BPPS Depdiknas (khusus dosen tetap PTN/PTS).

Kurikulum

Program Magister (S-2) Program Studi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM dirancang dengan lama studi empat (4) semester atau dua (2) tahun masa studi.

  • Semester I : Mata Kuliah Wajib dan Pilihan (12 SKS – 18 SKS )
  • Semester II : Mata Kuliah Wajib dan Pilihan (12 SKS – 18 SKS)
  • Semester III : Seminar Proposal Tesis (4 SKS)
  • Semester IV : Tesis (8 SKS)

Mata kuliah wajib

Mata kuliah ini terdiri atas mata-mata kuliah teori dan metodologi yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa agar ia dapat menjadi ahli dalam kajian-kajian budaya dan media.

Mata Kuliah Pilihan

Tergolong dalam kategori ini adalah mata kuliah mengenai persoalan-persoalan (issues) terkait dengan objek kajian-kajian budaya dan media, teori, pendekatan yang mendukung kajian-kajian tersebut, dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat masing-masing. Mahasiswa diharuskan mengambil 2 – 3 mata kuliah pilihan (= 6 – 9 SKS).

Berikut susunan mata kuliah yang ditawarkan:

Mata Kuliah Wajib

Teori-teori Media (3 SKS)

Pengantar Cultural Studies (3 SKS)

Teori Sosial Kritis (3 SKS)

Metodologi Ilmu-ilmu Sosial (3 SKS)

Poskolonialisme dan Posmodernisme (3 SKS)

Semiotika Media (3 SKS)

Analisis Wacana Kritis (3 SKS)

Etnografi Media (3 SKS)

Ekonomi Politik Media (3 SKS)

Seminar Proposal (4 SKS)

Tesis (8 SKS)

Mata Kuliah Pilihan

Kebudayaan Visual (3 SKS)

Media, Gender, dan Seksualitas (3 SKS)

Media dan Politik Representasi (3 SKS)

Industri Budaya (3 SKS)

Globalisasi, Lokalitas, dan Demokrasi (3 SKS)

Kajian Kritis Iklan (3 SKS)

Cyberculture & Digitalisasi Masyarakat (3 SKS)

Gaya Hidup dan Budaya Konsumen (3 SKS)

Staf Pengajar:

  • Prof. Dr. Heru Nugroho
  • Prof. Dr. Suhartono
  • Prof. Dr. Faruk H.T.
  • Prof. Dr. Susetiawan
  • Prof. Dr. M. Agus Burhan
  • Dr. Aprinus Salam
  • Dr. G.R. Lono Lastoro Simatupang, M.A.
  • Dr. Wening Udasmoro, DEA, M. Hum.
  • Dr. S. Bayu Wahyono
  • Dr. Budiawan
  • Dr. Ratna Noviani, S.I.P., M.Si.
  • Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni
  • Dr. Budi Irawanto, M.A.
  • Dr. Ari Sujito, S.Sos., M.Si.
  • Dr. Wisma Nugraha Ch. R., M.Hum.
  • Dr. Suzie Handajani
  • Dr. Christian Budiman, M.Hum.

Program s3

Syarat dan Prosedur Pendaftaran Mahasiswa S-3
Yang dapat melamar menjadi mahasiswa Program S-3 adalah :

  • Lulusan S-1 dengan predikat Cumlaude disertai bukti karya ilmiah terbit di jurnal terakreditasi yang sesuai dengan bidang ilmu yang akan diambil sebanyak 3 buah
  • Lulusan S-2 atau yang disamakan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) S2 minimal 3,25
  • Calon dapat melamar untuk bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya, atau bidang lain dengan ketentuan calon memenuhi persyaratan tambahan, yaitu :
  • Pengalaman pendidikan, karya ilmiah dan pengalaman kerja di bidang lain tersebut, dan
  • Mengikuti kuliah dan kegiatan akademik yang dipersyaratkan.

Kurikulum                             

Program pendidikan Doktor (S-3) Program Studi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM dirancang dengan lama studi enam (6) sampai sepuluh (10) semester atau tiga (3) sampai lima tahun (5) tahun masa studi. Seluruh kegiatan perkuliahan yang dilakukan oleh peserta program disusun bersama oleh tim promotor dan pengelola program studi. Tim promotor diketuai oleh profesor (guru besar) atau dosen bergelar doktor (lektor kepala).

Silabus

Program Doktor Kajian Budaya dan Media menggunakan program by course dengan bahan bacaan dan literatur yang disesuaikan pada minat atau tema disertasi masing-masing mahasiswa. Mahasiswa diberi penugasan (directed reading) untuk mencari literatur yang direview dan kemudian didiskusikan dengan dosen pengampu.

Pada Semester I mahasiswa diwajibkan mengambil 3 (tiga) mata kuliah wajib dan 3 (tiga) sampai 5 (lima) mata kuliah pendukung tema disertasi. Mata kuliah pendukung disertasi diarahkan sesuai  dengan topik disertasi yang akan ditulis oleh peserta program. Kuliah diampu oleh dosen atau tim dosen yang berfungsi sebagai narasumber.

Pada Semester II, mahasiswa membuat proposal yang kemudian diujikan dalam ujian komprehensif. Untuk membantu mahasiswa mempersiapkan proposal disertasi yang layak, baik dari sisi substansi maupun metodologisnya, maka mahasiswa akan diarahkan oleh tim pembimbing (promotor dan ko-promotor) yang telah ditunjuk. Pada semester III-VI peserta program akan bekerja secara intensif di bawah bimbingan tim promotor untuk melakukan penelitian dan penulisan disertasi.

Berikut adalah daftar mata kuliah wajib dan pilihan yang ditawarkan setahun terakhir di S-3 Program Studi Kajian Budaya dan Media, yang disediakan untuk mendasari mahasiswa dalam memahami konsep dan epistemologi Kajian Budaya dan Media (cultural studies), serta untuk mempertajam proposal disertasi.

Berikut susunan mata kuliah yang ditawarkan:

Mata Kuliah Wajib

Paradigma Kajian Budaya dan Media (3 SKS)

Metodologi Riset Kajian Budaya dan Media (3 SKS)

Teori-teori Media (3 SKS)

Disertasi (32 SKS)

Mata Kuliah Pilihan

Teori-teori Kritis dan Posmodernisme (3 SKS)

Semiotika Media (3 SKS)

Analisis Wacana Kritis (3 SKS)

Etnografi Media (3 SKS)

Ekonomi Politik Media (3 SKS)

Kebudayaan Visual (3 SKS)

Media, Gender, dan Seksualitas (3 SKS)

Media dan Politik Representasi (3 SKS)

Industri Budaya dan Media (3 SKS)

Kajian Kritis Iklan (3 SKS)

Cyberculture& Digitalisasi Masyarakat (3 SKS)

Gaya Hidup dan Budaya Konsumen (3 SKS)

Staf Pengajar

Staf pengajar dan tim promotor adalah dosen-dosen berkualifikasi profesor dan atau S3 sebagai berikut:

  • Prof. Dr. Heru Nugroho
  • Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A.
  • Prof. Dr. Irwan Abdullah
  • Prof. Dr. Faruk H.T.
  • Prof. Dr. P.M. Laksono, M.A.
  • Prof. Dr. Susetiawan
  • Prof. Dr. Suhartono
  • Dr. Wening Udasmoro, DEA, M. Hum.
  • Dr. Aprinus Salam
  • Dr. G.R. Lono Lastoro Simatupang, M.A.
  • Dr. Budiawan
  • Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni
  • Dr. Budi Irawanto, M.A.
  • Dr. Ratna Noviani, S.I.P., M.Si.
  • Dr. Suzie Handajani
  • Dr. Christian Budiman, M.Hum.