Kerja Sama Prodi KBM dengan APM UM dan Antropologi Sosiologi USM

Pada 22 dan 24 Mei 2024, Prodi Kajian Budaya dan Media melakukan kunjungan ke Universiti Malaya (UM) dan Universiti Sains Malaysia (USM). Dalam kunjungan ke dua universitas di negara Malaysia tersebut, tujuh orang mahasiswa dari jenjang S2 dan S3 serta tujuh orang staf beserta dosen diajak berkeliling melihat fasilitas yang disediakan oleh universitas. Di UM, civitas akademika KBM diajak berkeliling museum Antropologi Melayu yang dikelola Akademi Pengajian Melayu (APM). Mereka diberi peragaan dan dipersilakan mempraktikkan cara memakai korek tradisional Melayu yang disebut gobek api oleh staf museum. Selain itu, mereka juga berkeliling fasilitas perpustakaan APM.  Sedangkan di USM civitas akademika KBM diajak berkeliling Museum Galeri Tuanku Fauziah co-working space mahasiswa, dan kedai mahasiswa. 

KBM juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan APM UM yang diwakili oleh Prof. Dr. Sabzali Musa Kahn yang disaksikan oleh Prof. Ir. Dr. Kaharudin Dimyati, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi. Perjanjian kerja sama dengan UM melingkupi pelaksanaan seminar dan colloquium bersama yang diselenggarakan pada hari yang sama di Ruang Anggerik Akademi Pengajian Melayu. Selain itu juga dalam pertemuan tersebut dibahas kemungkinan kerja sama lanjutan. 

 

Dalam pertemuan antara KBM UGM dan Antropologi Sosiologi USM untuk yang pertama kali, KBM memperkenalkan diri sekaligus menunjukkan ruang lingkup objek kajiannya yang ternyata banyak bersinggungan dengan Antropologi Sosiologi USM yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Dr. Boo Harn Shian, Assoc. Prof. Premalatha Karupiah, Prof. Chin Yee Whah, Dr. Mohd. Khairuddin Mohad Shallehuddin, Dr. Por Heong Hong, dan Dr. Muh. Febriansyah dari Departemen Ilmu Politik.

 

 

 

 

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*