Program S2

Lulusan Program Studi S2 Kajian Budaya dan Media dipersiapkan sebagai akademisi, peneliti, dan praktisi kajian budaya dan media yang memiliki pengetahuan teoritis dan kritis di bidang budaya dan media.

Proses dan Lama Pendidikan S2

Program S2 direncanakan dalam 4 semester (2 tahun) dengan beban kredit minimal 45 SKS, termasuk tesis. Batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. 

Kalender akademik:
• Semester I: awal Agustus - akhir Januari
• Semester II:  awal Februari - akhir Agustus 

Kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lain, seperti seminar, penelitian dan sebagainya dilaksanakan dengan sistem pembimbingan oleh dosen pembimbing akademik dan dosen pembimbing tesis. Semua tesis yang diujikan harus sudah melalui cek plagiarisme turnitin dengan maksimal kemiripan 20%.

Biaya Pendidikan S2

  • Biaya pendidikan untuk mahasiswa dalam negeri selama 4 semester berkisar antara Rp24.000.000,00—Rp35.000.000,00. Biaya bisa ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan atau oleh sponsor/instansi pengirim. 
  • Biaya pendidikan untuk mahasiswa asing kurang lebih $2.000 setiap semesternya.

Calon mahasiswa yang memenuhi syarat, dimungkinkan untuk mendapatkan beasiswa dari proyek BPPS Depdiknas (khusus dosen tetap PTN/PTS). Sekolah Pascasarjana UGM juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria, informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Sekolah Pascasarjana UGM di laman http://www.pasca.ugm.ac.id/v3.0/scholarship/id/

Syarat dan Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa S2 Program Studi Kajian Budaya dan Media dilakukan melalui internet (online) dengan mengisi formulir yang tersedia pada web https://um.ugm.ac.id/

Adapun persyaratan pendaftaran calon mahasiswa S2 Program Studi Kajian Budaya dan Media adalah sebagai berikut:

  1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
  2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
  3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
    2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
    3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

    Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

  4. Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
    - PAPs UGM (skor minimal 450)
    - TPDA PLTI (skor minimal 450)
    - Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS (skor minimal 450)
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
    - AcEPT UGM (skor minimal 209)
    - TOEP PLTI (skor minimal 40)
    - International English Testing System (IELTS) (skor minimal 5.0)
    - Internet-Based (iBT) TOEFL  (skor minimal 45)
    - Institutional Testing Program (ITP) TOEFL (skor minimal 450)
    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik di sini.
    Khusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik di sini.
  6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
  7. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
  9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerja sama);
  10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Kurikulum

Program Magister (S2) Program Studi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM dirancang dengan lama studi empat (4) semester atau dua (2) tahun masa studi.

  • Semester I: Mata Kuliah Wajib dan Pilihan (12 SKS – 18 SKS)
  • Semester II: Mata Kuliah Wajib dan Pilihan (12 SKS – 18 SKS)
  • Semester III: Seminar Proposal Tesis (4 SKS)
  • Semester IV: Tesis (8 SKS)

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap

Mahasiswa memiliki sikap kritis, menghargai perbedaan dan mempunyai kepekaan sosial terhadap bentuk-bentuk relasi kuasa yang tidak setara yang terartikulasikan dalam segala aspek kehidupan sehari-hari, baik dalam ranah privat maupun publik.

Pengetahuan

Mahasiswa memahami teori-teori dan konsep-konsep dalam bidang kajian budaya dan media secara mendalam, mampu bekerja menggunakan teori dan konsep tersebut untuk mengkaji beragam praktik budaya dan media dengan paradigma kritis dan pendekatan interdisipliner.

Keterampilan Umum

Mampu menuangkan kepekaan dan sikap kritis terhadap bentuk-bentuk relasi kuasa tidak setara dalam berbagai bentuk tulisan, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik.

Keterampilan Khusus

Mahasiswa mampu berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun terbentuknya masyarakat yang cerdas, kritis, dan bijaksana terhadap praktik budaya yang semakin termediatisasi melalui kegiatan literasi media.

Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib
Mata kuliah ini terdiri dari mata kuliah teori, mata kuliah metode dan tesis, yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa agar ia dapat menjadi tenaga ahli di bidang akademik dan profesional dalam bidang kajian budaya dan media.

Mata Kuliah Pilihan
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat kajiannya dan diharapkan bisa mendukung penelitian tesisnya. Mata kuliah ini memuat isu-isu yang terkait dengan kajian budaya dan media beserta teori dan pendekatannya. Mahasiswa diharuskan mengambil 2 – 3 mata kuliah pilihan (6 – 9 SKS).

Tawaran Mata Kuliah Per Semester

Semester I

Dasar-Dasar Kajian Media

Membahas tentang ruang lingkup media studies (kajian media) dan perbedaannya dengan ruang lingkup communication studies (studi komunikasi) serta pengantar mengenai kajian media.

Mata Kuliah Wajib

Pengantar Cultural Studies

Bertujuan membangun pondasi pemahaman yang mendasar dan komprehensif tentang Cultural Studies sebagai body of knowledge, yang bukan hanya bersifat multi-, tetapi juga lintas-, bahkan post-, disiplin.

Mata Kuliah Wajib

Teori Sosial Kritis

Membahas tentang paradigma kritik dalam ilmu sosial dan humaniora serta teori-teori kritik sosial dari beberapa pemikir kritis dari Mazhab Frankfurt hingga posmodernis.

Mata Kuliah Wajib

Poskolonialisme dan Posmodernisme

Membicarakan masalah poskolonial (politik bahasa, negara bangsa, nasionalisme, identitas budaya, hibriditas, dll) yang diharapkan berguna untuk mengkaji ulang tampilan (representasi) masa kini; serta pengertian mengenai posmodernisme serta isu-isu dan debat terkini dari demokrasi dan etnosentrisme; politik identitas, juga hibriditas.

Mata Kuliah Wajib

Metodologi Ilmu-Ilmu Sosial

Membicarakan tentang metodologi dalam ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang akan menjadi dasar bagi para mahasiswa untuk memahami nalar ilmu sosial dan humaniora, serta paradigma yang menjadi dasar dalam melakukan penelitian.

Mata Kuliah Wajib

Kebudayaan Visual

Pengenalan atas bidang kajian (field of study) yang dinamakan kajian budaya visual (visual culture studies). Pengertian tentang visualitas akan didudukkan sebagai sebuah wacana sosial yang dapat dikaji dalam beberapa pendekatan, baik tekstual maupun kontekstual.

Mata Kuliah Pilihan

Media dan Politik Representasi

Mendiskusikan tentang media dan politik representasi yang di dalamnya memuat definisi dan teori-teori representasi, serta bagaimana media mengkonstruksi makna tentang identitas dan perbedaan dalam masyarakat.

Mata Kuliah Pilihan

Media, Gender, dan Seksualitas

Mata kuliah ini terfokus pada landasan dasar yang memberikan pemahaman perspektif gender dari mazhab-mazhab yang berbeda, aspek-aspek sejarah gerakan feminisme gelombang pertama, feminisme kedua, gender differences dan gender diversities serta pemikiran-pemikiran lebih mendetil mengenai aspek-aspek lebih subtil terkait dengan kajian budaya dan media.

Mata Kuliah Pilihan

Industri Budaya

Mengkaji proses-proses komodifikasi budaya, berikut mekanisme pemasarannya (penciptaan dan penciptaan ulang konsumen)

Mata Kuliah Pilihan

Semester II

Ekonomi Politik Media

Membahas mengenai aplikasi teori ekonomi politik pada konteks media dan secara khusus memberikan perhatian pada media sebagai industri budaya serta relasi-relasi kuasa yang terlibat dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi.

Mata Kuliah Wajib

Semiotika

Mata kuliah ini merupakan pengenalan atas sebuah ranah kajian khusus yang telah berkembang di dalam semiotika.

Mata Kuliah Wajib

Analisis Wacana Kritis

Mata kuliah ini secara khusus akan fokus pada studi wacana yang dimediasi dan menawarkan tinjauan umum teori-teori umum dalam analisis wacana dari pendekatan berorientasi linguistik untuk pendekatan yang lebih kritis dan sosiologis-kontekstual.

Mata Kuliah Wajib

Etnografi

Mata kuliah ini didedikasikan kepada pembelajaran tentang bagaimana etnografi sebagai cara meneliti dan menulis dalam kajian budaya dan media.

Mata Kuliah Wajib

Globalisasi, Lokalitas, dan Demokrasi

Mata kuliah ini membahas proses-proses globalisasi produk budaya suatu etnis, berikut beragamnya pemaknaan atas produk budaya tersebut.

Mata Kuliah Pilihan

Kajian Kritis Iklan

Mata kuliah ini membahas dan mengkritisi iklan sebagai sebuah teks sosial yang memuat dinamika-dinamika sosial yang terjadi pada kurun waktu dan ruang di mana iklan tersebut diproduksi dan didistribusikan pada masyarakat, termasuk perkembangannya di era penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Mata Kuliah Pilihan

Cyberculture dan Digitalisasi Masyarakat

Mata kuliah ini mendiskusikan bagaimana internet, media digital dan teknologi komputer telah mengubah lanskap budaya mutakhir dalam perspektif cultural studies.

Mata Kuliah Pilihan

Gaya Hidup dan Budaya Konsumen

Mata kuliah ini mendiskusikan konsumsi dan gaya hidup sebagai praktik dan ekspresi budaya dalam konteks masyarakat konsumen, di mana konsumsi budaya (cultural consumption) dan pembentukan identitas budaya (cultural identity construction) suatu kelas (dan kategori sosial lainnya) saling terkait.

Mata Kuliah Pilihan

Semester III

Seminar Proposal Tesis

Mata kuliah ini merupakan forum bagi para peserta program studi KBM untuk mempresentasikan proposal riset mereka.

Mata Kuliah Wajib