Profil Mahasiswa
Mahasiswa Program Studi S2 dan S3 Kajian Budaya dan Media berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, beberapa di antaranya: ilmu komunikasi, sastra, seni, desain, ilmu sosial, penyiaran, media rekam.
Aktivitas Akademik
Perkenalan dan Orientasi Mahasiswa
Kegiatan ini merupakan program yang diadakan oleh Program Studi Kajian Budaya dan Media untuk mahasiswa baru. Pada kegiatan ini mahasiswa menerima informasi pengantar mengenai kurikulum perkuliahan dan acara perkenalan antar mahasiswa baru bersama dosen dan staf Program Studi.
Kuliah Perdana
Kuliah Perdana merupakan perkuliahan wajib untuk seluruh mahasiswa baru di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, yang diselenggarakan oleh pihak Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
Sambut Kenal Mahasiswa
Kegiatan ini dipersiapkan dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang telah berkuliah di Program Studi Kajian Budaya dan Media selama 1 tahun untuk menyambut mahasiswa baru. Tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa antar angkatan dapat saling mengenal dan membangun suasana keakraban dalam berbagai kegiatan Program Studi Kajian Budaya dan Media. Pada kesempatan sambut kenal ini juga turut mengundang dosen dan alumni untuk ikut berpartisipasi
Kuliah Lapangan
Kuliah Lapangan merupakan kegiatan Program Studi Kajian Budaya dan Media yang ditujukan untuk mahasiswa yang telah menempuh 1 tahun perkuliahan, baik S2 maupun S3. Mahasiswa dapat mengusulkan lokasi kuliah lapangan pada pengelola Program Studi.
Aktivitas Non-Akademik
Turut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Program Studi Kajian Budaya dan Media
Program Studi Kajian Budaya dan Media memiliki beberapa kegiatan rutin, yaitu: seri diskusi, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan diskusi buku. Berbagai kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa serta alumni baik dalam perencanaan maupun pada proses
Aktivitas Keakraban
Mahasiswa dapat membuat dan terlibat dalam agenda non-akademik dalam suasana yang santai guna membangun keakraban di antara anggota Prodi Kajian Budaya dan Media.
Daftar Tesis
Tesis S2 KBM
No | Nama Mahasiswa | Tahun Lulus | Judul Tugas Akhir |
1 | Gloria Natalia Dolorosa (2017) | 2019 | Misrecognition dalam Praktik Hijrah Selebriti di Media |
2 | Andryan Ade Kurnia (2016) | 2020 | Perjuangan dalam Bising: Resistensi dan Negosiasi Kolektif Subkultur Jogja Noise Bombing |
3 | Khairil Anwar | 2020 | Transgresi Tubuh dan Seksualitas Di Ruang Bergender dalam Anime Kimi no Na Wa (2016) |
4 | Slamet Budiharjo | 2021 | Kajian Etnografi Tradisi Tato bagi Perempuan di Malaka, Nusa Tenggara Timur |
5 | Nara Garini A. | 2021 | Analisis Unggahan Profil Gay Muslim Iran dalam Laman Akun Instagram @thequeermuslimproject |
6 | Rinta Arina M. | 2021 | Gamer Perempuan dan Permainan Kencan Virtual, Studi Psikoanalisis Lacanian atas Hasrat dan Fantasi Keintiman dalam “Mystic Messenger” |
7 | Anisa Nurul Amanah | 2021 | Praktik Mistik Dalam Bingkai Puritanisme Visual Sinetron Religi (Analisis Wacana Kritis Teks Multimodal Dalam Sinetron Azab) |
8 | Hajidah Fildzahun Nadhilah Kusnadi | 2021 | ‘Cantik dan Seksi’: Sensualitas Tubuh dan Identitas Kimi Hime Sebagai Perempuan YouTuber Gaming di Ruang Siber |
9 | Rara Mustika Ningrum | 2021 | "Menjemput Rezeki": Representasi Perempuan dalam Kasus Prostitusi Online pada Acara Hotman Paris Show iNews TV (2019-2020) |
10 | Khairul Syafuddin | 2021 | DALAM DAYA MAGIS KAPITALISME DIGITAL: Para Kreator Meme di Facebook sebagai Perantara Budaya |
11 | Rony K. Pratama | 2021 | Genealogi Hoaks di Indonesia |
12 | Selly Astari Octaviani | 2021 | PERFORMATIVITAS ANDROGINI DI MEDIA SOSIAL: Analisis Akun Instagram Jovi Adhiguna dan Anastasia Lie |
13 | Ummu Samhah Mufarrihah | 2021 | USTAZ SELEB DALAM ARUS PASAR MEDIA (Praktik Komodifikasi Agama dalam Tayangan Islam Itu Indah Trans TV) |
14 | Nugrahanto | 2021 | Kuasa Karaoke : Kajian Ruang Karaoke Kali Terong dalam Perebutan Kuasa |
15 | Nurizky Adhi Hutama | 2021 | “Menjadi Sesuatu Yang Berbeda” : Studi Etnografi GamerPerempuan di Yogyakarta |
16 | Hesti Puji Lestari | 2021 | Di Balik Pesona Hantu di Platform YouTube: Analisis Wacana Kritis Channel Diary Misteri Sara |
17 | Nadira Maurizka Kuputri | 2021 | Memahami Transformasi Maskulinitas Tradisional: Resepsi Kelompok Sasaran Atas Aktivisme "Aliansi Laki-laki Baru" |
18 | Nisa Adzkiya | 2021 | #IniCaraCewek: Femvertising dalam Kampanye Iklan Pembalut Wanita Laurier 2020 |
19 | Nuraulia Muhibar | 2021 | Komunitas Bloggercrony Indonesia: Resistensi Dalam Karir Do It Yourself |
20 | Rino Andreas | 2021 | Hasrat Konsumsi Virtual dalam Permainan Daring Mobile Legends: Perspektif Deleuze dan Guattari |
21 | Tony Firman | 2021 | Mimikri, Hibriditas, dan Ambivalensi Kehidupan Masyarakat Hindia Belanda pada Awal Abad XX: Pembacaan Poskolonial atas Buku Engineers of Happy Land Karya Rudolf Mrazek |
22 | Vinsensiana Aprilia Nanda Jeharu | 2021 | Prosumsi Desainer Grafis Kontributor di Platform Microstock Freepik Dalam Posisinya Sebagai Digital Labour |
23 | Yu Yaqi | 2021 | Ekspresi Feminisme Tiongkok di Media Sosial Weibo |
24 | Wang Yin Yan | 2021 | Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Covid-19 pada Surat Kabar People's Daily dan The New York Times |
25 | Annisa Winda Larasati | 2021 | Wacana Maternal Horror dalam Dua Film Joko Anwar: Pengabdi Setan (2017) dan Perempuan Tanah Jahanam (2019) |
26 | Rahma Novita Alim Putri | 2021 | Sobat Ambyar dalam Neo-Tribes : Ekspresi Kaum Muda di Era Modernitas Lanjut |
27 | Dede Rizki Rosidah | 2021 | Ruang Menjemur Pakaian Dalam Perempuan di Kos Campur: Studi Etnografi |
28 | Rheisnayu Cyntara | 2021 | Mengimajinasikan Bangsa dalam Sinema, Diskursus Performative Nation dalam Film Dongeng dari Dirah (1992) dan Under the Tree (2008) |
29 | Khumaid Akhyat Sulkhan | 2021 | Membaca Relasi Gender di Tengah Pertautan Identitas yang Tidak Setara dalam Entrok dan Maryam Karya Okky Madasari: Sebuah Kajian Interseksionalitas |
30 | Azizah | 2021 | Menapaki Gerak Perempuan Muslim di Era Modern (Analisis Wacana Perempuan di Institut Ibu Profesional) |
31 | Rahmawati Nur Azizah | 2021 | Potret Seorang Seniman sebagai Penerbit Mandiri: Praktik Annisa Rizkiana dalam Membangun Karier DIY |
32 | Dwi Arieska N. F. | 2021 | Budaya Reuse: Praktik Pemenuhan Fantasi Up-Classing oleh Anggota Grup Facebook “Preloved Jogja” |
33 | Azkiyatun Nufus Firani | 2021 | Praktik Konsumsi dalam Tren Gaya Hidup Zero Waste pada Kaum Muda sebagai Generasi Global |
34 | Dwi Oktalina Lestari | 2022 | Queer Narasi Islam Transmedia Storytelling pada Transaktivisme Digital Muslim di Instagram & Twitter Amar Alfikar |
35 | Shella Herviana Putri Adhi | 2021 | Proses Komodifikasi Yoga dalam Pariwisata Bali Studi Etnografi pada Studio Yoga Barn, Ubud |
36 | Bella Irmenna Puteri | 2022 | Strongest Amongst the Dude? Analisis Female Masculinity Karakter Carol Danvers dalam Film Captain Marvel (2019) |
37 | Almira Novia Andriani | 2022 | Ekspresi Seksualitas di Wattpad: Studi Netnografi Pada Pengguna Aktif Wattpad. |
38 | Madinatul Munawarah S Hi Arsan | 2022 | Analisis Interseksional Gender, Etnis, dan Kelas Sosial: Pembacaan Poskolonial Terhadap The Handmaiden (2016) |
39 | Jantan Putra Bangsa | 2022 | Representasi Perlawanan Kaum Migran Cina di Amerika Serikat Dalam Film Ip Man 4: The Finale (Sebuah Pembacaan Poskolonial) |
40 | Renanda Yafi Atolah | 2022 | Kerentanan Sains: Kontestasi Wacana Sains dan Nonsains pada Era Infodemi di Indonesia |
41 | Ilham Muammar Shidiq | 2022 | Peak Music Experience dan Replikasi Perasaan Melalui Meme: Studi Kasus Pendengar Prontaxan di Yogyakarta |
42 | Delimaniati Bungsuna Manggala | 2022 | Resepsi Audiens atas Intermedialitas Podcast Sandiwara Sastra |
43 | Himas Nur Rahmawati | 2022 | Menerjemahkan Masa Depan: Panseksualitas dan Intimasi Diri |
44 | Flora Hajdu Rafis | 2022 | Discourse Analysis of The 3 Doctor Anti Vaxx Influencers in The Hungarian Social Media |
45 | Panji Mega Kurniantoro | 2022 | Wacana Orientalisme pada Album Foto Vues de Java dalam Perspektif Poskolonial |
46 | Siti Umaiyah | 2022 | Dalam Pusaran Dompet Digital: Praktik Konsumsi Dompet Digital di Kalangan Kaum Muda Kontemporer |
47 | Tito Ari Pratama | 2022 | Terjebak dalam Arus Kecepatan Game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) Perspektif Paul Virilio |
48 | Qholiva Yuni Fadilla | 2022 | Fetishime Tubuh Perempuan Berhijab pada Wacana Multimodal Prostitusi di Twitter |
49 | Aissyah Dwi Fitriyani | 2022 | Hook-up Kelompok LGBT dalam Relasi Friends with Benefit di Media Sosial Whisper |
50 | Putri Setia Ningsih | 2022 | Wacana Seksualitas Perempuan Dalam Video-Video Di Akun YouTube Sisilism |
51 | Anwar Kurniawan | 2022 | Pergeseran Otoritas Keagamaan di Indonesia: Tinjauan Terhadap Dakwah Digital Husein Ja'far Alhadar |
52 | Dewi Christina M. | 2022 | Counter Stereotype: Analisis Wacana Kritis Multimodal Karakter Difabel Tyrion Lannister dalam Series Televisi Game of Thrones (2011-2019) |
53 | Yulius Rudi Haryatno | 2023 | Implikasi Wacana Pariwisata Super Premium Terhadap Kehidupan Sosio-Kultural Masyarakat Manggarai Barat: Sebuah Studi Etnografi |
Daftar Disertasi
Disertasi S3 KBM
No | Nama Mahasiswa | Tanggal Lulus | Judul Disertasi |
1 | Rama Kertamukti | 19 Mei 2020 | Hasrat Pamer Diri Kelas Menengah Indonesia Di Instagram: Media baru, Identitas, dan Masyarakat Jaringan |
2 | Tan Paulina Candra Agista | 23/01/1900 | Trajektori Karier Perancang Kebaya Anne Avantie: Strategi Meraih Posisi Perancang Kebaya Rujukan |
3 | Rivi Handayani | 23/01/1900 | Hidup untuk Mewahnya Kematian: Hegemoni Ritual Rambu Solo di Toraja |
4 | Juliana Kurniawati | 26 Januari 2022 | Praktik Hijab Selfie dalam Pertarungan Wacana Kajian Atas Akun Kompilasi @jilbab_chantik di Instagram |
5 | Wulan Tri Astuti | 26 Januari 2022 | Beur Cinema: Melantangkan Suara Subaltern Imigran dalam Sinema Prancis |
6 | Helen Diana Vida | 26 Januari 2022 | Reproduksi "New Women" dalam Instagram Traveler Perempuan |
7 | Shinto Dwirawati | 26 Januari 2022 | Misrecognition Solidaritas dan Persaingan di Kalangan Pengemudi Gojek Online di Kota Yogyakarta |
8 | Dwi Korina Relawati | 26 Januari 2022 | Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Bom Surabaya di Tiga Stasiun Tekevisi (TVOne, MetroTV, dan Kompas TV) |
9 | Finsensius Yuli Purnama | 20 April 2022 | Subjek dalam Hegemoni Wacana Populisme Kandidat Presiden 2019 sebagai Penanda Mengambang di Era Post-Truth |
10 | Lynda Susana Widya Ayu Fatmawaty | 20 April 2022 | Politik Tubuh: Artikulasi Gender dan Seksualitas dalam Film Lengger Sang Penari (2011) dan Kucumbu Tubuh Indahku (2018) |
11 | Meistra Budiasa | 20 April 2022 | Mediatisasi Event Borobudur Marathon (Kompleksitas Hubungan antara Peristiwa Media dan Peristiwa Olahraga) |
12 | Irsanti Widuri Asih | 10 Mei 2023 | Paradoks Kerja Digital: Relasi Hegemonik Platform Digital Gojek dan "Mitra" Pengemudi |
13 | Chung Ji Tae | 26 Oktober 2023 | Poetik dan Politik Pertunjukan Gamelan Arirang: Penelitian Teknologi Diri |
14 | Maulana Andinata Dalimunthe | 26 Oktober 2023 | Konstruksi Media Tentang Etnis Papua Pasca-Suharto (Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Etnis Papua di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat) |
15 | Khaerudin Imawan | 26 Oktober 2023 | Kontestasi Kepentingan Agen dalam Arena Digitalisasi Musik Tarling |